Cara Menghilangkan Noda Marmer

cara menghilangkan noda marmerBatu Marmer merupakan batu alam lunak yang didapat dari proses pembentukan lapisa kapur keras yang membatu dan memiliki pori-pori yang cukup besar sehingga beberapa zat yang besifat cair dapat meresap dengan cepat, seperti cairan kopi, jus, getak kayu yang berwarna, tumpahan makanan dan minuman atau noda yang ditimbulkan dari tinta yang tentu sangat mengganggu penampilan dari lantai marmer.

Dengan begitu seringnya menjumpai beberapa kasus seperti marmer buram, marmer terkena noda, marmer terkena porstex, marmer terkena hcl, marmer terkena zat asam dan lain-lain. Dan selalu mendapat pertanyaan, bagaimana cara menghilangkan noda marmer ?

Karena lantai marmer tergolong lantai yang perlu dijaga keindahannya karena bahan marmer ini identik dengan harga yang selangit dan kualitas yang baik. Tetapi jika tidak dirawat dan dibersihkan noda-noda tersebut, bukan mustahil lantai marmer ini akan kehilangan keindahannya dan tidak mengkilap lagi.  Jika noda – noda ini dibiarkan, terutama noda yang mengandung asam, maka bisa berpotensi merusak keindahan lantai marmer.

Ada beberapa cara menghilangkan noda marmer :

  • Cairan pembersih yang bersifat basa atau alkali biasanya dapat membersihkan noda marmer pada permukaan lantai marmer dengan lebih aman. Dalam membersihkan lantai marmer dengan amonia, gunakan campuran satu sendok amonia dengan 1 cangkir air, lalu usapkan pada bagian lantai yang terkena noda. Niscaya, noda akan lebih mudah terangkat tanpa merusak permukaan lantai. Hindari penggunaan bahan – bahan atau cairan pembersih yang mengandung asam, karena akan menimbulkan goresan pada permukaan lantai marmer.
  • Cukup campurkan seperempat sendok teh cairan deterjen ke dalam 1 cangkir air, kemudian celupkan kertas atau kain yang bersih dan usapkan kain tersebut pada permukaan yang terkena noda. Pastikan Anda menggunakan deterjen cair sesedikit mungkin agar tidak menimbulkan bekas pada permukaan marmer. Pastikan juga bahwa deterjen cair yang Anda gunakan tidak mengandung bleaching atau pemutih.
  • Dengan cara menggosokan jeruk nipis, Dengan cara ini asam akan terkalahkan oleh basa, maka noda pada lapisan atas marmer akan hilang.
  • Baking soda juga termasuk jenis alkali, dan campuran baking soda dan air cukup ampuh dalam mengkilapkan dan membersihkan noda pada lantai, namun tidak terlalu abrasif sehingga tidak menimbulkan goresan
  • Tuangkan beberapa tetes cairan pemutih pada permukaan marmer yang terkena noda. Tutup dengan lembaran tisu yang telah dibasahi dengan cairan pemutih tadi. kemudian rekatkan pada permukaan lantai marmer.
  • Dengan meneteskan H2O2 ( dapat di cari di toko bahan kimia ) ke noda marmer yang akan kita bersihkan secara merata lalu tutup dengan kapas, diamkan selama 6 – 8 jam.kemudian angkat kapas penutup itu. noda lantai anda akan ikut terangkat dan menempel pada kapas.
  • Biasakan setelah selesai mengepel lantai oleskan chemikal khusus perawatan marmer, cong-r-dust, pada permukaan marmer agar terlihat berkilau

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *